Fungsi
Rank dalam Microsoft Excel
Fungsi Rank dalam Microsoft Excel digunakan untuk
menentukan peringkat dari range tertentu, peringkat tersebut dapat berupa dari
nilai tertinggi sampai terendah, atau dari terendah ke nilai tertinggi. Untuk
lebih memahami tentang fungi RANK dalam Microsoft Excel, perhatikan gambar
dibawah ini
Di jaman sekarang ini kita tidak mungkin meranking
peringkat kelas seperti pada gambar diatas dengan manul. Untuk mempercepat
pekerjaan kita gunakanlah fungsi Rank dalam Microsoft Excel. Rumus penggunaan
fungsi Rank Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
=RANK(cell,
referensi,urutan)
Cell maksudnya adalah salah satu dari cell dalam range
yang akan diranking, referensi adalah sumnber untuk pembuatan ranking untuk
menentukan urutan ke berapa cell tersebut, sedangkan urutan maksudnya adalah
urutan tersebut dari besar ke kecil atau kecil ke besar, untuk besar ke kecil
gunakan angka 0 sedangkan kecil ke besar gunakan angka 1
Untuk kasus seperti gambar diatas penulisan fungsi
Rank adalah sebagai berikut=RANK(C2,$C$2:$C$15,0) ingat penggunaan sumber
referensi harus mutlak yaitu dengan menggunakan F4 pada Keybord. Harus berupa
seperti ini $C$2:$C$15, jangan sampai seperti ini C2:C15, karena akan
berpengaruh ke bawahnya. Perhatikan gambar dibawah ini.
Setelah itu tekan Enter, kemudian seperti biasa
letakkan mouse pada pojok kanan sehingga membentuk tanda plus, setelah itu drag
lah kebawah. Sehingga hasil akhirnya seperti pada gambar dibawah ini. Untuk
memastikan apakah sudah benar dalam penggunaan fungsi Rank dalam Microsoft
Excel, berikut ini saya perlihatkan rumusnya,
Fungsi Sort Pada Microsoft Excel
Sudah taukah kalian apa itu Sort dan filter? apa itu
sort dan filter pada microsoft excel? dan apakah fungsinya?? Sort pada
microsoft excel adalah menu yang berfungsi untuk mensortir atau mengurutkan
data baik dari angka 0 - 9 atau sebaliknya dari 9 - 0 dari A - Z atau Z - A
sedangkan menu filter pada microsoft excel adalah sebuah menu yang berfungsi
untuk memilih data yang ingin ditampilkan sesuai dengan data yang kita saring.
kedua menu ini sangat bermanfaat apabila kita gunakan
bila data yang ada pada microsoft excel sangat banyak sehingga dapat membantu
memlih data yang ingin kita tampilkan lebih cepat dan akurat, adapun tutorial
penggunaan Sort dan Filter pada microsoft excel adalah sebagai berikut.
Fungsi dan Jenis-jenis
Chart
Chart : Berfungsi untunk
menyisipkan atau menampilkan chart wizard untuk pembuatan Graphic di document
anda. Ada berbagai macam chart yaitu Column, Line, Pie, Bar, Area, X Y
(Scatter), Stock, Surface, Doughnut, Bubble dan juga Radar.
1. Column charts (Grafik
Kolom)
Grafik Kolom sangat
berguna untuk menunjukkan perubahan data dalam periode waktu tertentu atau
menggambarkan perbandingan antar beberapa item.
2. Line charts (Grafik
Garis)
Grafik garis dapat
menunjukkan data secara terus menerus atau berkelanjutan selama periode waktu
tertentu. Grafik ini sangat ideal untuk menampilkan tren data pada
interval/rentang waktu yang sama.
3. Pie charts (Grafik
lingkaran)
Grafik lingkaran
menunjukkan ukuran dari suatu item dalam suatu rangkaian data, secara
proporsional terhadap jumlah dari keseluruhan item. Poin atau nilai dari
item-item tersebut ditunjukkan dalam bentuk presentase dari keseluruhan data
(dalam bentuk satu lingkaran).
4. Bar charts (Grafik
batang)
Grafik batang
menggambarkan perbandingan antar beberapa item.
5. Area charts (Grafik
bidang)
Grafik bidang menekankan
besarnya perubahan dari waktu ke waktu.
6. XY (scatter) charts
(Grafik penyebaran)
Grafik penyebaran
menunjukkan hubungan antara nilai numerik pada beberapa rangkaian data.
7. Stock charts (Grafik
stok)
Seperti namanya, grafik
stok banyak digunakan untuk menggambarkan fluktuasi harga stok. Namun grafik
ini juga dapat digunakan untuk data ilmiah. Sebagai contoh, kita dapat
menggunakannya untuk menunjukkan fluktuasi suhu harian.
8. Surface charts (Grafik
permukaan)
Grafik permukaan sangat
berguna ketika kita ingin mencari kombinasi yang optimal dari 2 rangkaian data.
Seperti dalam peta topografi, warna dan pola menunjukkan daerah yang berada
dalam kisaran nilai yang sama.
9. Doughnut charts
(Grafik donat)
Seperti grafik lingkaran,
grafik donat menunjukkan hubungan dari suatu bagian dengan keseluruhan data,
tetapi dapat berisi lebih dari satu rangkaian data.
10. Bubble charts (Grafik
gelembung)
Data diatur dalam kolom
sehingga nilai-nilai x (horizontal) tercantum pada kolom pertama (kiri) dan
nilai-nilai y (vertical) yang sesuai dan nilai-nilai ukuran gelembung tercantum
dalam kolom yang berdekatan, dapat diplot dalam grafik gelembung.
11. Radar charts (Grafik
radar)
Grafik radar
membandingkan nilai keseluruhan dari sejumlah rangkaian data.
Fungsi COUNTIFS di Excel
Fungsi
COUNTIFS digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang
yang memenuhi beberapa kriteria.
Penulisan
Syntax Fungsi COUNTIFS:
=COUNTIFS(criteria_range1;
criteria1; [criteria_range2]; [criteria2] ...)
Penjelasan:
criteria_range1
: merupakan range atau rentang data yang akan digunakan sebagai range pertama
untuk mengevaluasi kriteria yang terkait.
criteria1
: merupakan kriteria pertama, bisa berupa angka, ekspresi, referensi sel atau
teks.
criteria_range2
dan criteria2 : merupakan range dan kriteria tambahan yang sifatnya opsional.
Range atau kriteria tambahan maksimal sampai 127 range atau kriteria.
Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIFS di
Excel:
Pada
contoh gambar di atas, kita akan menghitung jumlah siswa laki-laki yang lulus, maka
penulisan rumusnya adalah
=COUNTIFS(D3:D7;"L";E3:E7;"Lulus") hasilnya 1 karena hanya
ada satu siswa laki-laki yang lulus. Untuk menghitung jumlah siswa perempuan
yang lulus bisa menggunakan rumus =COUNTIFS(D3:D7;"P";E3:E7;"Lulus")
hasilnya 2 karena ada 2 siswa perempuan yang lulus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar