A. Fungsi
Microsoft WOrd 2010
Kali ini kita akan membahas
fungsi dan kegunaan microsoft word versi 2010, apa saja sih fungsi microsoft
word 2010 itu ?.
Pada dasarnya Microsoft Word salah
satu software yang ditanam dalam suatu program computer yang biasa diperuntukkan
dalam mengelola data kata atau huruf. Berbeda dengan system Microsoft yang
lain, Microsoft Word lebih banyak di
pergunakan di dalam kehidupan sehari-hari karena cenderung mudah dioperasikan.
Dalam prakteknya Microsoft Word
banyak digunakan untuk membuat dokumen laporan, makalah, membuat surat, membuat
karya tulis ilmiah ataupun non ilmiah, dan membuat skripsi, yang mana dari
semua tersebut merupakan data yang berbentuk kata atau kalimat, karena
microsoft word adalah perangkat lunak pengolah kata.
Di microsoft word versi 2010
terdapat juga fungsi yang lainnya yaitu:
1. Untuk membuat
Organisation Chart (struktur organisasi)
2. Bisa untuk
mengolah tabel dan hitungannya
3. Membuat bagan dan
flow chart
4. Untuk mengolah
data menjadi grafik
5. Untuk membuat
homepage berbasis GUI
B. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 2010
Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana
menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika
kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk
kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :
1. Tab File
2. Tab Home
3. Tab Insert
4. Tab Page Layout
5. Tab References
6. Tab Maillings
7. Tab Review
8. Tab View
C. Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010
B. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 2010
Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana
menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika
kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk
kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :
1. Tab File
2. Tab Home
3. Tab Insert
4. Tab Page Layout
5. Tab References
6. Tab Maillings
7. Tab Review
8. Tab View
C. Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010
Ribbon
jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama menu office word 2010 yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan
Command. Namun
jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu kumpulan tool menu yang
terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi
menjadi beberapa bagian yang disebut dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa
dari setiap tool-tool tersebut mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa
kalian sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam
kategori ribbon adalah sebagai berikut :
Tabs
Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok
perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti Home,
Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
Groups
- Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap
nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups clipboard, group
font dan group paragraph.
Commands
- Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok
seperti yang disebutkan di atas
D.
Pengertian Title Bar Office Word 2010
Title
Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian
kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 -
Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan
sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian -
Microsoft Word .
E.
Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010
Ruler
atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian gunakan untuk mengatur lebar dan
tinggi halaman dokumen secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page
layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal
dan ruler vertikal. Ruler
horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk
mengaturmargin dan tab stop.
Ruler
vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk mengukur
posisi vertikal elemen pada halaman.
F.
Pengertian Status Bar Di Office Word 2010
Status
bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya
jumlah suku kata didalam sebuah dokumen, meberikan informasi banyaknya halaman
atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa
yang kalian gunakan.
G.
Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File
Save
|
Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan computer
|
Save as
|
Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain
seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
|
Open
|
Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office
word 2010
|
Close
|
Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
|
Info
|
Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan
memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
|
Recent
|
Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian
kerjakan sebelumnya
|
New
|
Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office
word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
|
Print
|
Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta
kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan
|
Save & send
|
Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian
buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email
atau blog khusus
|
Help
|
Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office
word 2010
|
options
|
Untuk
melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti display, theme, font
default dll.
|
Exit
|
Untuk keluar dari aplikasi word 2010
|
Paste
- Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian salin di sumber lain
Cut
- Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di dalam dokumen
Copy - Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word
Font Style
- Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian inginkan
Bold (B)
- Untuk membuat tulisan menjadi tebal
Italic (I)
- Untuk membuat tulisan menjadi miring
Underline (U)
- Untuk membuat tulisan bergaris bawah
abc
- Untuk membuat tulisan coret
Superscript dan
Subscripot X2
- Untuk membuat pangkat pada
tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll. Untuk contoh penulisannya
kalian bisa lhat Di Artikel ini.
Font Size
- Untuk merubah ukuran tulisan
A Style
- Untuk membuat style atau gaya pada tulisan
Highlight Text (ab)
- Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen
Font Color (A)
- Untuk merubah warna huruf atau tulisan di dalam dokumen
Align Lef t- Untuk
merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri
Align Center
- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah
Align Right
- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan
Align Justify
- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri
Shading Color
- Untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen (background color).
Icon Tabel
- Untuk membuat tabel secara manual
Bullets - Untuk membuat icon kecil disamping tulisan
Numbering - Untuk membuat nomor disamping tulisan
Multilevel List
- Untuk membuat kombinasi list antara bullets dan numbering
Increase dan Decrease
- Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf
Sort - Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka
I.
Pembagian dan Fungsi Menu Pada Tab Insert
Cover Page
- Untuk membuat cover halaman pada dokumen
Blank Page
- Untuk menambah halaman baru pada dokumen yang sedang dikerjakan
Page Break
- Untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen, contohnya bisa
kalian lihat di Artikel ini .
Table
- Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
Picture
- Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer
Clip Art
- Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010
Shapes
- Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll.
SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle proses dll.
Chart
- Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas
Screenshot
- Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara
cepat
Hyperlink
- Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks
Bookmark -
Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang kalian anggap penting
Header
- Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga
bisa dikatakan sebagai hak cipta kalian
Footer - Sama seperti header, namun letaknya berada dibawah dokumen
Page Number
- Untuk membuat nomor halaman pada dokumen
Text Box
- Untuk membuat tek didalam kotak
Wordart
- Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik
Drop Cap
- Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana huruf pertama didalam
dokumen akan tampak menjadi besar
Equation - Untuk menambahkan simbol matematika
didalam dokumen
Symbol - Sama dengan fungsi Equation
J.
Pembagian dan Fungsi Menu Pada tab Page Layout
Themes
- Untuk membuat theme atau tema yang akan kalian gunakan
Margins
- Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian gunakan
Orientation
- Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau landscape
Size
- Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian gunakan
Column
- Untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap halaman dokumen
Watermark
- Untuk membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari dokumen yang kalian buat
Page
Color - Untuk menentukan warna atau gambar yang akan kalian jadikan background
Page
border - Untuk membuat bingkai halaman
Nah itulah sekilas PENGENALAN MICROSOFT WORD 2010, MENU DAN FUNGSI MENU MS WORD 2010 tentang Terimakasih, semoga bermanfaat
untuk kalian semua…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar