Membuat daftar isi adalah salah satu poin
penting saat membuat makalah. Baik itu untuk tugas dari kantor, tugas sekolah
dan juga tugas kampus. Bagi yang tak ingin ambil pusing, biasanya akan mengambil
jalan pintas dengan memanfaatkan jasa ketik. Hanya saja jika menggunakan jasa
rentalan, maka hasilnya kurang memuaskan.
Lebih baik mencoba untuk membuat makalah
sendiri, dengan daftar isi makalah yang menjadi fondasi pembuatan makalah.
Adapun cara membuat daftar isi otomatis akan dijelaskan dengan rinci di bawah
ini.
Cara
Membuat Daftar Isi Otomatis Word 2016
Ingin membuat makalah dan harus membuat
daftar isi bisa menjadi satu tantangan besar bagi yang baru pertama kali
menggunakan Microsoft Word. Padahal cukup mudah untuk membuat daftar isi
otomatis asal mengikuti cara membuat daftar isi otomatis. Anda bisa mengikuti
langkah-langkah sesuai dengan urutannya berikut ini.
1. Buat
dokumen baru, caranya dengan klik file -> new -> blank document.
2. Perhatikan
menu Home, ada menu Ribbon Styles dan buatlah modifikasi di Heading 1, kemudian
Heading 2 disesuaikan dengan kebutuhan. Di Heading 1, klik kanan dan pilih
Modify, adapun jenis huruf, warna, besar huruf, spasi, posisi, bisa diganti
disini. Boleh mencentang All Caps supaya judul bab jadi besar, kemudian klik
OK. Kemudian di Heading 2 seterusnya lakukan hal yang sama.
3. Masih
di Home, pada Ribbon Paragraph diklik menu Multilevel
List dan pilihlah Define New
Multilevel List, di kiri bawah pilih More dan pada click list level to
modify ketik angka 1, pilih Heading 1 dalam list link level to style. Setelah
itu ketik BAB dulu sebelum Romawi 1 di bagian Enter Formatting for Number.
Pilih jenis huruf pada Font, biasanya menggunakan Times New Roman, size 12 dan
Bold, OK.
4. Di
List Click Level to Modify klik angka 2, pilih Heading 2 dalam list link level
to style kemudian pilihlah huruf alfabet dalam Number Style for This Level,
kemudian jangan lupa berikan titi setelah huruf A, di dalam Enter formatting
for number. Pilih Font, gunakan Times New Roman, size 12 dan ditebalkan atau
Bold, klik OK jika sudah.
5. Pada
Restart list After dicentang, pilihlah Level 1 pada bagian list level yang ada
di bawahnya dan atur Position sesuai kebutuhan anda. Contoh yang bisa digunakan
adalah Number Alignment : center, Text indent at: 0, Aligned at: 0, dan Follow
number with : Tab character.
6. Jika
dibutuhkan anda bisa melakukan pengaturan lagi pada level lainnya.
7. Jika
semua telah selesai diatur, maka tinggal klik OK untuk kembali ke dokumen dan
mulai membuat tulisan.
Bagaimana? Cara membuat daftar isi
otomatis pada Microsoft Word 2016 tidak sesulit yang dibayangkan, bukan?
Tambahkan halaman baru dengan menggunakan
menu Layout -> Breaks, pilihlah Next Page dan bisa mulai mengetik di lembar
kedua tersebut. Untuk membuat BAB, tinggal klik Heading 1 di menu Home ->
Styles. Untuk membuat Sub Bab, klik saja Heading 2 melalui menu Home ->
Styles.
Jika sudah membuat Bab dan Sub Bab, maka
tugas anda berikutnya adalah membuat daftar isi otomatisnya saja. Kembalilah ke
halaman pertama, kemudian klik di tempat di mana anda akan membuat penempatan
daftar isi.
Kembali ke halaman pertama dan klik pada
rencana penempatan daftar isi. Tekan References, di dalam menu Ribbon Table of
Contents, pilih Table of Contents dan pilihlah Automatic Table 1 atau Automatic
Table 2. Setelah muncul, gantilah judulnya dengan menggunakan Daftar Isi (atau
sesuai dengan kebutuhan).
Ubahlah Format Style jadi Heading 1,
kemudian lakukan Update Table of Contents jika hanya posisi nomor halaman yang
berubah, untuk mengubahnya pilih Radio Button Update Page Numbers Only.
Sementara itu jika heading yang berubah, maka yang harus dipilih adalah Update
Entri Table, klik OK. Selesai.
Nah demikianlah cara Teknik Dan Panduan Membuat Daftar Isi Dengan Multilevel List semoga bermanfaat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar