Senin, 03 Juni 2019

TEKNIK DAN PANDUAN MEMBUAT DAFTAR ISI DENGAN MULTILEVEL LIST






Membuat daftar isi adalah salah satu poin penting saat membuat makalah. Baik itu untuk tugas dari kantor, tugas sekolah dan juga tugas kampus. Bagi yang tak ingin ambil pusing, biasanya akan mengambil jalan pintas dengan memanfaatkan jasa ketik. Hanya saja jika menggunakan jasa rentalan, maka hasilnya kurang memuaskan.

Lebih baik mencoba untuk membuat makalah sendiri, dengan daftar isi makalah yang menjadi fondasi pembuatan makalah. Adapun cara membuat daftar isi otomatis akan dijelaskan dengan rinci di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Word 2016

Ingin membuat makalah dan harus membuat daftar isi bisa menjadi satu tantangan besar bagi yang baru pertama kali menggunakan Microsoft Word. Padahal cukup mudah untuk membuat daftar isi otomatis asal mengikuti cara membuat daftar isi otomatis. Anda bisa mengikuti langkah-langkah sesuai dengan urutannya berikut ini.

1.      Buat dokumen baru, caranya dengan klik file -> new -> blank document.

2.      Perhatikan menu Home, ada menu Ribbon Styles dan buatlah modifikasi di Heading 1, kemudian Heading 2 disesuaikan dengan kebutuhan. Di Heading 1, klik kanan dan pilih Modify, adapun jenis huruf, warna, besar huruf, spasi, posisi, bisa diganti disini. Boleh mencentang All Caps supaya judul bab jadi besar, kemudian klik OK. Kemudian di Heading 2 seterusnya lakukan hal yang sama.

3.      Masih di Home, pada Ribbon Paragraph diklik menu Multilevel List dan pilihlah Define New Multilevel List, di kiri bawah pilih More dan pada click list level to modify ketik angka 1, pilih Heading 1 dalam list link level to style. Setelah itu ketik BAB dulu sebelum Romawi 1 di bagian Enter Formatting for Number. Pilih jenis huruf pada Font, biasanya menggunakan Times New Roman, size 12 dan Bold, OK.

4.      Di List Click Level to Modify klik angka 2, pilih Heading 2 dalam list link level to style kemudian pilihlah huruf alfabet dalam Number Style for This Level, kemudian jangan lupa berikan titi setelah huruf A, di dalam Enter formatting for number. Pilih Font, gunakan Times New Roman, size 12 dan ditebalkan atau Bold, klik OK jika sudah.

5.      Pada Restart list After dicentang, pilihlah Level 1 pada bagian list level yang ada di bawahnya dan atur Position sesuai kebutuhan anda. Contoh yang bisa digunakan adalah Number Alignment : center, Text indent at: 0, Aligned at: 0, dan Follow number with : Tab character.

6.      Jika dibutuhkan anda bisa melakukan pengaturan lagi pada level lainnya.

7.      Jika semua telah selesai diatur, maka tinggal klik OK untuk kembali ke dokumen dan mulai membuat tulisan.
Bagaimana? Cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word 2016 tidak sesulit yang dibayangkan, bukan?


Tambahkan halaman baru dengan menggunakan menu Layout -> Breaks, pilihlah Next Page dan bisa mulai mengetik di lembar kedua tersebut. Untuk membuat BAB, tinggal klik Heading 1 di menu Home -> Styles. Untuk membuat Sub Bab, klik saja Heading 2 melalui menu Home -> Styles.
Jika sudah membuat Bab dan Sub Bab, maka tugas anda berikutnya adalah membuat daftar isi otomatisnya saja. Kembalilah ke halaman pertama, kemudian klik di tempat di mana anda akan membuat penempatan daftar isi.

Kembali ke halaman pertama dan klik pada rencana penempatan daftar isi. Tekan References, di dalam menu Ribbon Table of Contents, pilih Table of Contents dan pilihlah Automatic Table 1 atau Automatic Table 2. Setelah muncul, gantilah judulnya dengan menggunakan Daftar Isi (atau sesuai dengan kebutuhan).
Ubahlah Format Style jadi Heading 1, kemudian lakukan Update Table of Contents jika hanya posisi nomor halaman yang berubah, untuk mengubahnya pilih Radio Button Update Page Numbers Only. Sementara itu jika heading yang berubah, maka yang harus dipilih adalah Update Entri Table, klik OK. Selesai.


Nah demikianlah cara Teknik Dan Panduan Membuat Daftar Isi Dengan Multilevel List semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar